Profil MTsS Nurul Khair Long Kali

Kategori :

umum

Tgl Buat :

  2023-12-01 08:44:36



Penulis  :

  Admin







 

    1. Profil Madrasah

 

      1. Nama Madrasah         :    MTss Nurul Khair Long Kali

 

      1. Nomor Statistik          :    121264010009

 

c.    NPSN                         :    30409993

 

d.    Status Madrasah         :    Swasta

 

e.    NPWP                        :    43.577.211.6-726.000

 

  1. Alamat

 

    • Jalan/Nomor           :    Jalan Poros Desa Muara Telake

 

    • Desa / Kelurahan :    Muara Telake

 

    • Kecamatan             :    Long Kali

 

    • Kab / Kota             :    Paser

 

    • Propinsi                  :    Kalimantan Timur

 

    • Kode Pos               :    76283

 

    • Telepon/HP            :    085245255521

 

 

 

  1. Tahun Berdiri / Izin :    2002

 

  1. Status Akreditasi      :    B

 

  1. Tahun akreditasi      :    2022

 

  1. No. SK Lembaga      :    1359/BAN-SM/SK/2022

 

  1. Identitas Kepala Madrasah

 

    • Nama Kamad         :    Adi Indra Suryanto, S.Pd.I

 

    • NUPTK                 :    7658 7576 5920 0002

 

    • Pangkat/Golongan :    -

 

    • Tempat/Tgl Lahir :    Tarakan, 26 Maret 1979

 

    • Jenis Kelamin        :    Laki-laki

 

    • Pendidikan             :    S1

 

    • Alamat Rumah       :    Desa Muara Telake, RT 004 Kec. Long Kali Kab. Paser

 

  1. Identitas Komite Madrasah

 

    • Periode Komite      :    2023 – 2027

 

    • No. SK Kamad      :    081 Tahun 2023

 

 

    • Susunan Pengurus
  1. H.Abd. Salam

 

  1. H. Anuar

 

  1. M. Amin

 

 

 

Ketua Yayasan

 

 

Ketua Komite

 

Anggota

 

Sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam di bawah naungan Kementerian Agama, MTsS Nurul Khair Long Kali mendapat mandat :

  1. Mengemban amanah sebagai sekolah umum berciri khas Islam, yang menyelenggarakan pendidikan mapel-mapel umum dan pendidikan mapel-mapel PAI
  2. Mengemban amanah sebagai madrasah yang mengembangkan kemampuan akademik dan non akademik berdasarkan prinsip pendidikan multiple intelligence
  3. Mengemban amanah sebagai madrasah ketrampilan

 

  1. Mengemban amanah untuk meningkatkan kemampuan tahfidh, mengintegrasikan nilai-nilai ramah anak, cinta dan peduli lingkungan serta menanamkan akhlakul karimah berdasarkan nilai-nilai islam.

Dalam melaksanakan kegiatannya, MTsS Nurul Khair Long Kali wajib menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai lima Budaya Kerja Kementerian Agama, sebagai berikut :

  1. Integritas : Keselarasan Antara Hati, Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan yang Baik dan Benar
  2. Profesionalitas : Bekerja Secara Disiplin, Kompeten, dan Tepat Waktu Dengan Hasil Terbaik
  3. Inovasi : Menyempurnakan Yang Sudah Ada Dan Mengkreasi Hal Baru Yang Lebih Baik
  4. Tanggung Jawab : Bekerja Secara Tuntas Dan Konsekuen
  5. Keteladanan : Menjadi Contoh Yang Baik Bagi Orang Lain

 

Sejarah Singkat Madrasah

 

MTsS Nurul Khair Long Kali berdiri pada tanggal 22 Desember 2002. berada di perbatasan antara Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Keadaan sosial budaya yang beragam, perbedaan latar belakang pendidikan, ekonomi, dan budaya orang tua siswa berdampak dalam keberhasilan peningkatan mutu pendidikan. Kebijakan penyelenggaraan pendidikan di MTsS Nurul Khair Long Kali sangat ditentukan oleh Kementerian Agama, Kebijakan Pemerintah Kabupaten Paser dan Pemerintah Pusat yang dipengaruhi pula oleh perkembangan politik daerah dan pusat.

Perjalanan dan keberadaan MTsS Nurul Khair Long Kali dalam melaksanakan pengabdiannya  telah mengalami pergantian kepemimpinan, yang secara berurutan:

    1. 2002 - 2004 dipimpin oleh H. Abd Salam
    2. 2004 - 2009 dipimpin oleh Sawib Sanggio, S.Ag
    3. 2009 - 2023 dipimpin oleh Hasanuddin, S.Pd.I
    4. 2023 - sekarang dipimpin oleh Adi Indra Suryanto, S.Pd.I

 

    1. Visi, Misi dan Tujuan Madrasah

 

Visi MTsS Nurul Khair Long Kali adalah mengembangkan potensi siswa sebagai khalifah fil ardhi yang berwawasan imtaq dan iptek

Indikator Visi :

      1. Unggul dalam pembentukan pribadi yang sehat jasmani dan rohani
      2. Unggul dalam pembinaan pribadi yang berakhlak mulia dan rajin beribadah,
      3. Unggul dalam penguasaan ilmu dan amal
      4. Unggul dalam pembelajaran berbasis IT
      5. Unggul dalam bidang Sains dan hafalan al-Qur’an
      6. Unggul dalam kompetisi dan kejuaraan bidang mata pelajaran, penelitian, olah raga dan kesenian
      7. Unggul dalam managemen dan kepedulian sosial tinggi
      8. Unggul dalam sikap disiplin,rapi, bersih, indah, aman dan nyaman
      9. Unggul dalam kreativitas dan berjiwa mandiri
      10. Unggul dalam kepedulian lingkungan dan cinta tanah air, nusa, bangsa dan agama

 

Untuk mencapai Visi Madrasah Tsanawiyah Nurul Khair menetapkan Misi sebagai berikut :

  1. Membekali siswa menjadi seorangb pemimpin (minimal memimpin diri sendiri)
  2. Membekali siswa ilmu pengetahuan umum dan agama.
  3. Mengembangkan prestasi siswa di bidang keterampilan, olahraga dan seni sebagai bekal hidup

 

Tujuan Madrasah Tsanawiyah Nurul Khair

  1. Meningkatnya standar kelulusan, pencapaian ketuntasan kompetensi tiap tahun atau semester, peningkatan peringkat sekolah, kejuaraan lomba bidang akademik dan non akademik. Pengembangan kepribadian peserta didik, mengembangkan ketrampilan hidup, mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.

 

  1.     Menghasilkan kurikulum satuan pendidikan sesuai BSNP yang mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran. Menyediaan segala hal yang dibutuhkan bagi pengembangan diri peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler.
  2. Terlaksananya proses pembelajaran yang efektif, efisien, interaktif, inspiratif, kreatif, dan CTL dan memberikan ruang bagi kreativitas dan kemandirian peserta didik.
  1. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan baik secara kualitas maupun kuantitas yang memadai dan terwujudnya lingkungan green and clean.
  2. Meningkatnya kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP).
  3. Tercapainya efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pendidikan yang menerapkan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM).
  4. Tercapainya biaya operasional pendidikan yang sesuai SNP secara teratur dan berkelanjutan.
  5. Terlaksananya proses penilaian sesuai dengan prosedur, mekanisme, dan instrumen penilaian yang sesuai dengan SNP.
Diskusi: